Latar belakang di berikannya ilmu sosial dasar di perguruan tinggi adalah :
· Banyaknya kritikan yang ditujukan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi bahwa pendidikannya masih bertujuan untuk menghasikan tenaga terampil saja. Tetapi belum menjadikan mahasiswa sebagai mahluk sosial yang peka dan mampu menyelesaikan masalah sosial.
· Sistem pendidikan di perguruan tinggi masih tidak mengenali dimensi - dimensi yang ada di luar ilmu pendidikan yang di ajarkan.
Pengertian
ISD adalah pengetahuan yg menelaah masalah - masalah sosial, khususnya masalah - masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori - teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu - ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah) MK.
Ilmu sosial dasar secara garis besar adalah ilmu yang mempelajari tentang hidup bermasyarakat yang berasal dari ilmu - ilmu sosial dan pengetahuan meliputi alam,sejarah,ekonomi sosiologi,antropologi dan lain - lain. Dan ilmu yang mempelajari masalah-masalah yang timbul di masyarakat sehingga dapat menyelesaikan masalah sosial dan tercipta kehidupan bermasyarakat yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan di mana saja.
ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep – konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala - gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
Ruang Lingkup Studi ISD
Ilmu sosial dasar dalam lingkup perguruan tinggi adalah mata kuliah softskill yang merupakan kajian yang sifatnya multi-interdisipliner. Ilmu sosial dasar di ajarkan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang konsep dasar yang di kembangkan untuk mengkaji gejala sosial yang ada di sekitarnya, dan juga untuk pengembangan kepribadian mahasiswa, sehingga dapat menjadi bagian dari masyarakat yang peka terhadap masalah sosial yang ada dalam masyarakat dan ikut serta dalam menyelesaikannya. Dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat memiliki kepekaan sosial yang tinggi terhadap lingkungannya dan memiliki kepedulian sosial dalam penerapan ilmu di masyarakat.
ISD meliputi dua kelompok utama yaitu studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga - lembaga sosial. Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
Sasaran studi ISD adalah aspek - aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah - masalah yang terwujud dari padanya.
Adapun ruang lingkup materi Ilmu Sosial Dasar adalah:a. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu sosial. Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.
b. Konsep-konsep sosial atau pengertian - pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah - masalah sosial. Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep keanekaragaman, dan konsep kesatuan sosial. Bertolak dari kedia konsep tersebut diatas, maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat :
1) Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku
baik secara individual maupu kelompok.
2) Persamaan dan perbedaan kepentingan. Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
c. Masalah - masalah sosial yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan.baik secara individual maupu kelompok.
2) Persamaan dan perbedaan kepentingan. Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
Tujuan ISD
ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri - ciri kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia - manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia - manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.
a. Tujuan umumDiselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam.
b. Tujuan khusus1) Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah - masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2) Peka terhadap masalah - masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha - usaha menanggulanginya.
3) Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya ( mempelajarinya ).
4) Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Pokok Bahasan ISD
1. Pengertian, latar belakang serta ruang lingkup pembahasan.
2. Sekilas tentang ilmu - ilmu sosial, IPS, ilmu sosial, dan ISD.
3. Penduduk, masyarakat dan kebudayaan.
4. Individu, keluarga, dan masyarakat.
5. Pemuda dan sosialisasi serta peranan pemuda dalam pembangunan masyarakat.
6. Peranan pendidikan dlm pembangunan.
7. Warga negara dan negara.
8. Pelapisan sosial desa, kesamaan derajat.
9. Desa, masyarakat kota dan pembangunan pedesaan.
10. Kota, masyarakat kota, dan pembangunan perkotaan.
11. Pertentangan-pertentangan sosial.
12. Integrasi sosial dan integrasi nasional.
13. Pembangunan dan perubahan sosial.
14. Ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan.
Materi ilmu sosial dasar dibagi menjadi 3 golongan :
Materi ilmu sosial dasar dibagi menjadi 3 golongan :
- Kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat dan menjadi masalah sosial tertentu, kenyataan sosial sering menjadi perdebatan oleh para ahli karena perbedaan latar belakang ilmu.Dalam ilmu sosial dasar kita menggunakan pendekatan interdisipliner.
- Pengertian konsep sosial atau kenyataan sosial di batasi dengan konsep dasar saja yang diperlukan untuk mempelajari masalah sosial.
- Masalah sosial yanag timbul dalam masyarkat ,biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Seperti masalah pemuda dan sosialisasi, hubungan antar warga negara, pertentangan sosial dan integrasi.
Peran ilmu sosial dasar setelah lulus adalah :
- Mempunyai pandangan tentang cara bersosialisasi dengan masyarakat dalam ruang lingkup yang lebih luas.
- Menambah wawasan tentang hidup bermasyarakat dengan baik.
- Lebih mengerti tentang keadaan alam dan jalan pikiran manusianya.
- Memahami ilmu sosial yang menunjang kehidupan bersosialisasi.
- Pandangan hidup selanjutnya menjadi lebih terarah.
- Mengetahui cara hidup sebagai makhluk sosial.
- Lebih mencintai alam dan mengerti arti sejarah.
- Menjadi lebih mengerti masalah yang terjadi di masyarakat dan dapat membantu menyelesaikan masalah sosial.
- Dapat memanfaatkan ilmu - ilmu yang ada dalam ilmu sosial dasar untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
- Membakitkan rasa ikut serta dalam menyelesaikan masalah sosial.
- Memudahkan beradaptasi dengan lingkungan masyarakat yang lebih luas.
- Membantu perkembangan cara pola pikir dalam menyikapi masalah.
http://tepolngo2.blogspot.com/2010/10/iad-ibd-dan-isd.html
http://rizkywulancils.blogspot.com/2010/10/ruang-lingkup-ilmu-sosial-dasar.html
tulisan ini untuk memenuhi mata kuliah ilmu sosial dasar semester 1
BalasHapus